Food Plant Solutions dan Priscilla Hall Memorial Foundation di Indonesia

Tentang Kami:

Food Plant Solutions dibentuk tidak untuk mencari keuntungan, tapi merupakan organisasi amal yang berlandaskan Rotary dengan misi memberikan panduan, sumber-sumber, informasi dan bantuan teknis ke penyedia bantuan makanan internasional sehingga mereka bisa membantu orang-orang yang berada di negara berkembang untuk lebih mengerti tentang nilai tanaman pangan lokal.

Pekerjaan kami dibantu oleh database Food Plants International tentang tanaman yang bisa dimakan di semua negara di dunia, yang dikembangkan oleh Ilmuwan Burnie Agricultural, Bruce French. Database ini memuat lebih dari 27.000 tanaman untuk semua negara dan memiliki informasi seperti: bagaimana cara membudidayakan, di mana ditanam, bagian mana yang dapat dimakan dan informasi gizi. Kami menggunakan database ini untuk mengidentifikasi adaptasi tanaman pangan lokal dengan zat gizi tertinggi yang hilang dari pola makan yang menyebabkan meningkatnya jumlah kasus kekurangan gizi dan masalah kesehatan penting lainnya seperti buta, ketidakmampuan berpikir, anemia dan gangguan pertumbuhan.

Kami tidak akan memberitahu masyarakat di satu negara tentang apa yang harus mereka makan namun kami membantu mereka untuk mendapatkan akses informasi dan menentukan pilihan yang lebih baik mengenai tanaman pangan lokal. Yang lebih penting lagi, kami berusaha fokus dalam mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang tidak hanya tanaman yang dapat dimakan tetapi juga tanaman yang memiliki nilai gizi tertinggi. Kami memfokuskan diri pada solusi mandiri yang memberdayakan masyarakat.

Proyek ini dirancang untuk mengatasi masalah kekurangan gizi melalui penggunaan sumber makanan lokal yang sudah tersedia. Dalam banyak kasus, tanaman-tanaman ini ditelantarkan karena mereka dianggap tidak populer lagi atau karena hadirnya berbagai program bantuan yang memperkenakan tanaman-tanaman barat. Tipe tanaman barat biasanya memiliki asupan lebih tinggi dan dirancang dengan paradigma yang berlawanan dengan apa yang dibutuhkan oleh daerah-daerah miskin. Contohnya, jagung menggunakan jumlah air yang banyak dan cara barat dalam membudidayakan jagung biasanya menghilangkan kelebihan nitrogen di beberapa lahan. Sama halnya dengan kubis, merupakan sumber gizi yang kurang baik dan meskipun mengenyangkan, namun di beberapa kasus hal ini bisa memperburuk masalah kekurangan gizi!

Food Plant Solutions tidak memungut biaya atas pekerjaan yang dilakukan karena kami tidak ingin biaya menjadi penghalang bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi ini. Kami secara sengaja tidak memiliki staf dalam negeri karena FPS bertujuan untuk menghubungkan penyalur bantuan yang sudah ada baik itu Pemerintah, LSM, Rotary, maupun Non-Rotary. Kami melihat bahwa kebanyakan proyek (baik itu perumahan, air, sekolah, kesehatan wanita, dll) akan lebih lengkap jika komponen FPS ditambahkan. Kebanyakan masyarakat yang memiliki situasi sangat buruk membutuhkan cara yang berkelanjutan untuk membudidayakan dan mendapatkan makanan bergizi.

Food Plant Solutions – solusi mandiri yang memberdayakan masyarakat lokal untuk menentukan pilihan yang diberikan tentang tanaman apa yang harus dibudidayakan yang memberikan gizi untuk keluarga mereka

Food Plant Solutions dan Priscilla Hall Memorial Foundation – Bekerja Sama:

Melanjutkan permintaan dari Rotary Club, anggota Glen Innes, Don Hall, sebuah poyek Food Plant Solutions (FPS) dibentuk di Indonesia. Don adalah pendiri Priscilla Hall Memorial Foundation (PHMF), sebuah organisasi amal nirlaba yang berada di Indonesia. Didirikan pada tahun 2004, PHMF telah memberikan bukti dalam memberikan hasil positif kepada mereka yang sangat membutuhkan. Baru-baru ini, PHMF dinyatakan “Wowshack” sebagai yayasan yang menjadikan Indonesia lebih baik.

Semenjak 2008, PHMF didukung oleh Yayasan Usaha Mulia (YUM), yayasan amal nirlaba yang resmi di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, dan menjalani proses audit setiap tahun. YUM telah memberikan dukungan penting pada proyek ini sampai sekarang

Baru-baru ini, Slow Food Bali (SFB) bergabung dengan proyek ini. SFB berkomitmen untuk kesejahteraan makanan lokal yang bisa diandalkan dan oleh karena itu, komitmen ini sangat sesuai dengan FPS. Mereka telah aktif memimpin distribusi publikasi kami melalui jaringan mereka yang sangat luas termasuk: Slow Food Youth Network (Agricultural Faculty of Udyana University, Bali), Slow Food Jogjakarta dan LSM seperti East Bali Poverty Project, Biosphere Foundation, Project Hope Sumba dan Rotary Clubs yang memiliki proyek pertanian di Bali dan Jawa (District 3420).

To Date:

Panduan lapangan, ‘Potentially Important Food Plants of Indonesia’ (Tanaman Pangan Berpotensi Penting di Indonesia) telah dibuat. Publikasi ini berisi informasi tentang sekitar 40 tanaman yang dapat dimakan, dari semua kelompok makanan utama, dan semuanya memiliki gizi tinggi. Panduan ini berfokus pada jenis-jenis yang terlantar dan jarang dimanfaatkan; tanaman-tanaman yang akan tumbuh dengan asupan minim (zat kimia, pupuk,dll). Panduan ini memberikan rincian tentang bagaimana dan di mana sebaiknya membudidayakan tanaman ini, nilai gizi, bagian yang dapat dimakan, bagaimana mengolah bagian tersebut dan gambar untuk membuat identifikasi menjadi lebih jelas. Sasaran dari panduan ini adalah untuk memberikan informasi tentang pilihan kepada masyarakat Indonesia tentang bagaimana cara memberi keluarga/komunitas mereka makanan yang bergizi, dengan cara mandiri.

Berdasarkan panduan lapangan, terbitan kedua, ‘Food Plants for Healthy Diets in Indonesia’ (Tanaman Pangan Untuk Pola Makan Sehat di Indonesia), telah dibuat. Panduan ini berisi banyak gambar dan sedikit tulisan – sesuai untuk mereka yang memiliki masalah dalam membaca. Sejarah menunjukkan bahwa ini adalah cara terbaik untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Kedua terbitan ini telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia, sehingga jumlah orang yang bisa mengakses panduan ini akan semakin bertambah. Begitu terjemahan ini selesai, langkah selanjutnya adalah untuk mencetak keduanya, sehingga dapat didistribusikan.

Untuk informasi lebih lengkap atau untuk memberikan donasi, silakan hubungi kami di info@foodplantsolutions.org

Copyright © 2009 Priscilla Hall Memorial Foundation. All rights reserved.
Website support by Go4 Multimedia... Powered by WordPress.